kesehatan

Monday, November 07, 2005

Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

Kesehatan - Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan
01 Jul 2004 16:13:42

Para dokter di Amerika telah mengembangkan sebuah cream pencegah kanker kulit dimana bahan bakunya terbuat dari teh hijau yang juga dikenal memiliki unsur penyerang kanker.

Teh hijau diketahui memiliki antioksidan alami yang disebut polyphenol yang dapat membantu menghalangi pertumbuhan sel kanker kulit, selain manfaat lain bagi kesehatan yang bisa dirasakan khasiatnya seperti:

* Membantu membakar lemak

Teh hijau dapat membantu mempercepat tingkat metabolisme karena pengaruh antioksidannya yang membantu liver berfungsi lebih efektif. Baru-baru ini sebuah penelitian di Amerika pada pria yang memiliki berat bedan berlebihan ditemukan minum teh hijau tiga kali sehari dapat membakar 200 kalori ekstra per hari.

* Mencegah penyakit jantung

Teh jenis ini diyakini dapat menurunkan kolesterol jahat LDL karena pengaruh antioksidan yang mencegah oksidasi kolesterol LDL dalam arteri. Pembekuan thrombosis yang abnormal dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke dan teh hijau terbukti mencegah pembekuan darah tidak normal secara efektif.

* Membantu menurunkan tekanan darah

Penyebab utama hipertensi adalah sebuah enzim yang dikeluarkan ginjal. Obat hipertenesi terkenal dienal sebagai ACE inhibitor dimana teh hijau merupakan inhibitor ACE alami dan beberapa penelitian menujukan tekanan darah tinggi menurun setelah diberi ekstrak the hijau.

* Membantu melindungi diabetes

Polyphenol dari teh hijau menghalangi amylase sehingga membantu menurunkan tingkat gula darah. Tingginya glukosa dan insulin dalam darah memungkinkan orang terkena diabetes.

* Mencegah keracunan makanan

Karena teh hijau dikenal sebagai pembunuh bakteri, minum teh hijau dapat menurunkan resiko keracunan makanan akibat bakteri karena teh hijau dapat mencegah tumbuhnya bateri berbahaya seperti clostridia dan E.coli.

* Mencegah napas tak sedap

Minum teh hijau dapat membunuh bakteri yang hidup di mulut sebagai penyebab bau mulut karena memiliki anti bakteri alami.

* Melindungi dari hepatitis

Hepatitis seringkali dipicu oleh tingginya tingkat zat besi dalam hati. Teh hijau terbukti dapat menurunkan tingkat zat besi di seluruh tubuh yang memiliki pengaruh langsung untuk melindungi hepatitis.

* Meningkatkan kekebalan
Menurut sebuah penelitian di Jepang berkumur dengan teh hijau dapat meningkat kebebalan terhadap influenza dan flu. Penelitian di Harvard University juga menujukan bahwa kimiawi teh hijau dapat merangsang sel gammadelta T yang mendukung kekebalan terhadap bakteri dan virus.

(ya2n/female.uk)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home