kesehatan

Monday, November 07, 2005

Anggur: Snack Bagi Jantung Sehat

Anggur: Snack Bagi Jantung Sehat
01 Jul 2004 16:14:14

Menurut penelitian ilmiah anggur telah di lama diyakini orang memiliki khasiat pengobatan. Anggur adalah buah rendah lemak dengan ukuran, bentuk dan warna berbeda yang segar, manis dan kadang memiliki rasa yang tajam.

Anggur disebut-sebut sebagai makanan fungsional yang banyak memberikan manfaat dari nutrisi yang dikandungnya karena dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

Sebagai salah satu buah-buahan yang paling menyehatkan, anggur mengandung 70 kalori per setengah cangkir dan merupakan sumber potassium, vitamin C dan pectin- sejenis serat yang dapat membantu mengurangi kolesterol darah. Ketika dikeringkan menjadi kismis, anggur memiliki konsentrasi gula dan zat besi yang lebih tinggi.

Anggur juga mengandung beberapa phytochemical termasuk resveratrol yang terdapat dalam kulitnya, quercitins, anthocyanin dan catechin. Dengan perannya bagi kesehatan jantung, pencegah stroke dan pelindung kanker membuat anggur hampir dikategorikan dalam status makanan super.

Dalam beberapa penelitian resveratrol yang terdapat dalam kulit semua jenis anggur baik untuk mengurangi resiko kanker payudara, liver, usus dan penyakit jantung. Anggur sebagai komponen utama minuman anggur merah merupakan minuman yang baik bagi kesehatan jantung dimana dapat mengatur pengaruh negatif dari pola makan kaya lemak jenuh yang tinggi.

Untuk mendapatkan anggur yang baik, pilihlah anggur yang segar dengan warna terang dan tidak mengkerut atau lecet. Hindari pematangan dalam batang karena ini menjadi tanda bahwa anggur tersebut tua. Simpan anggur di lemari es tanpa cuci dalam kantong yang dibolongi selama satu minggu. (ya2n/canadianliving)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home