kesehatan

Monday, November 07, 2005

Kedelai Baik Bagi Kesehatan

Kedelai Baik Bagi Kesehatan
01 Jul 2004 16:13:59

Kedelai merupakan bahan makanan yang banyak mengandung vitamin, mineral dan komponen phytochemical seperti isoflavones yang memberikan banyak keuntungan bagi kesehatan.

Makanan ini tidak berkolesterol dan bebas lemak serta kaya kandungan serat dan protein yang memiliki asam amino esensial yang tubuh butuhkan. Berikut enam alasan kedelai baik bagi kesehatan:

1. Protein yang terkandung dalam kedelai dan isoflavones dapat menurunkan resiko serangan jantung dan stroke karena memiliki LDL rendah dan menurunkan pembekuan darah. Pembekuan darah ini dapat memicu serangan jantung jika sampai menghalangi arteri coroner dan stroke jika pembekuan darah sampai ke otak.


2. Protein kedelai dan isoflavones melindungi tubuh dari kerusakan radikal, meningkatkan sistem kekebalan, dan menurunkan resiko atherosclerosis (pengerasan arteri), penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Kedelai mengandung antioksidan yang dapat memperbaiki tekanan darah dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah.


3. Serat kedelai dan isoflavones merupakan penyerang kanker dimana serat ini melindungi tubuh dari jenis kanker pencernaan seperti kanker usus dan kanker dubur. Isoflavones melindungi tubuh dari kanker akibat hormon seperti kanker payudara, uterine dan prostat.


4. Protein dan isoflavones kedelai membantu melindungi osteoporosis dimana proteinnya meningkatkan kemampuan tubuh menahan dan menyerap kalsium dalam tulang. Sedangkan isoflavones memperlambat pengikisan dan mencegah keratakan tulang.


5. Isoflavones kedelai membantu mengurangi gejala menopouse dan PMS dimana membantu tubuh mengatur estrogen ketika tingkat hormon turun-naik.


6. Protein kedelai dan serat yang dapat larut membantu mengontrol diabetes dan penyakit ginjal karena dapat mengantur tingkat glukosa dan filtrasi ginjal.

(ya2n/mochasofa)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home