kesehatan

Sunday, August 26, 2007

Cegah Hipertensi, Posyandu Kampanye Minum Susu

Cegah Hipertensi, Posyandu Kampanye Minum Susu
Fatichatun Nadhiroh - DetikSurabaya

Surabaya - Puluhan kader Posyandu di Surabaya menghadiri Kampanye Susu di Lapangan Maspion Square Surabaya Jalan Ahmad Yani Surabaya. Mereka mendapat pengetahuan dari beberapa pakar kesehatan tentang khasiat minum susu.

Ahli Gizi dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya, dr Benny Soegiharto MPH mengatakan, susu baik untuk segala usia. Selain untuk menjaga kekebalan tubuh, susu juga mencegah osteoporosis.

"Minuman yang kerap 'dituding' sebagai salah satu penyebab kegemukan ini ternyata bahkan mampu mencegah hipertensi," kata Benny Soegiharto saat menjadi narasumber dalam kampanye susu, Minggu (26/8/2007).

Sebenarnya, kata dia, segala macam obat ada dalam makanan. Jadi tidak perlu obat jika kita yakin makanan kita sehat. Dan susu adalah minuman yang nyaris sempurna karena kandungan gizinya lengkap dan berimbang.

"Mengapa susu dibutuhkan tubuh? Pada bayi, anak-anak, dan remaja. Protein susu penting untuk pembentukan otak dan masa tubuh (tulang dan otot). Bakhan 80 persen pembentukan otak berlangsung dalam kandungan sehingga ibu hamil penting untuk minum susu," jelasnya.

Sedangkan pada dewasa, protein susu ternyata dibutuhkan untuk pemeliharaan tubuh, penggantian jaringan yang rusak, sistem kekebalan tubuh terhadap bakteri dan virus (misalnya virus influenza dan diare). (fat/bdh)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home