kesehatan

Sunday, March 25, 2007

Gandum, Sahabat Jantung

Gandum, Sahabat Jantung


Bagi Anda yang sangat memperhatikan kesehatan jantung, mulailah mengganti menu sarapan Anda dengan sereal yang mengandung biji padi atau gandum. Menurut studi terbaru, risiko serangan jantung bisa dikurangi dengan rutin mengkonsumsi sereal gandum.

Makanan yang mengandung biji-bijian memiliki kandungan serat, kaya vitamin, mineral serta antikoksidan. Dari analisa yang dilakukan kepada lebih dari 10 ribu dokter di AS, diketahui bahwa mereka yang rutin sarapan dengan sereal gandum atau biji padi setiap hari, risiko terjadinya gangguan jantung berkurang 28 persen.

Dokter yang mengkonsumsi gandum sebagai sarapan 2-5 kali seminggu, risiko gangguan jantungnya berkurang 22 persen, sedengankan mereka yang hanya makan gandum seminggu sekali, risikonya turun 14 persen.

"Manfaat positif dari sereal gandum bukan hanya untuk anak-anak tapi juga orang dewasa. Sereal yang terbuat dari gandum atau biji padi kaya akan serat yang efektif menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat, selain itu tentu saja menghindari serangan jantung," kata Dr Luc Djousse, dari Sekolah Kedokteran Harvard, AS. Hasil studi terbaru ini telah dipresentasikan dalam forum tahunan Asosiasi Jantung Amerika, di Orlando, AS.



Sumber: Health Day
Penulis: An

0 Comments:

Post a Comment

<< Home